Posted in media sosial, WebApp

Facebook akan Mendukung Fitur Lokasi

facebook.pngMarketing berbasis lokasi rupanya merupakan sesuatu yang seksi saat ini, Fesbuk pun menganggap isu ini adalah isu yang penting. Oleh karena itu bulan depan fesbuk akan meluncurkan sebuah fitur tambahan yang mendukung informasi lokasi seperti dilansir dari situs berita The New York Times. Fitur baru ini akan diluncurkan dengan dua cara, native app dan dukungan API sehingga aplikasi web lain akan mampu untuk menggunakannya.

Bagaimana cara kerjanya?

Secara sederhana, pengguna fesbuk tidak hanya akan membuat posting status tapi akan disertai juga dengan informasi lokasi dimana dia berada secara automatis, tentunya dengan gadget yang telah mendukung fitur GPS. Jadi, saat Anda posting, “sedang di XXI nonton “My Name is Khan”, padahal di informasi lokasi anda berada di Jakal km 15 maka, teman-teman akan tahu bahwa anda adalah pembohong. FYI, MNIK is a bad movie.

Ga aman dong?

Fitur ini tentu saja ada fasilitas privasi. Anda akan diberikan pilihan dengan siapa informasi lokasi akan dibagikan.

Bagaimana dengan aplikasi lain yang sudah menggunakan fitur ini dan menggunakan fesbuk sebagai aplikasi perantara. contoh: Foursquare dan Gowalla?

Aplikasi ini memang dikawatirkan akan membuat WebApp yang lebih kecil yang telah menggunakan aplikasi Facebook – semacam Foursquare dan Gowalla akan terancam, akan tetapi pengembang aplikasi ini telah mengantisipasi dengan membuat layanan mereka lebih fokus terhadap sebuah fungsi, misalnya Foursquare fokus kepada permainan dan kompak-kompakan, sedangkan Gowalla lebih mengarah ke barang-barang virtual.

Kita tunggu saja bulan depan, bakalan semakin menarik nih. (gym)

One thought on “Facebook akan Mendukung Fitur Lokasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *