Posted in Kuliah, UIUX

Usability dan User Interface

Apa itu Usability?

Dalam bahasa Indonesia kata Usability” bisa saya terjemahkan dalam istilah “derajat keterpakaian“. Di laman wikipedia “Usability” diartikan menjadi “Kebergunaan” dan juga “teknik kebergunaan”, namun demikian belum ada padanan kata yang tepat di KBBI daring.

Menurut Santosa1 dalam Hartanto2 adalah derajat kemampuan perangkat lunak untuk membantu pengguna menyelesaikan tugas tertentu.

Apa pentingnya Usability?

Usability penting karena terkait dengan jumlah perangkat lunak yang meningkat, maka pengguna akan lebih banyak. dengan memperhatikan usability maka kita bisa mengefisiensikan penggunaan perangkat lunak. Efisiensi terkait dengan usaha pengguna dalam berinteraksi dengan perangkat lunak melalui User Interface (Antarmuka Pengguna).

Apa itu Antarmuka Pengguna?

dalam kbbi antarmuka » antarmuka pengguna adalah :

  • Komp bagian dari desain sebuah komputer, perangkat, atau program yang menerima perintah dari pengguna dan mengembalikan informasi kepada pengguna

Apa saja tahapan dari Antarmuka Pengguna?

  1. Requirement gathering,
  2. User analysis,
  3. Information architecture,
  4. Prototyping,
  5. Usability testing
  6. Graphic interface design.

 

Daftar Pustaka :

[1] I. Santosa, Interaksi Manusia dan Komputer. Yogyakarta: Penerbit
ANDI, 2010.

[2] Edi Susilo, F. Danang Wijaya, Rudy Hartanto, Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application. JNTETI, Vol 7 no. 2, 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *